Tahun Ini Distan KSB Target 3000 Sapi Ikuti Program IB

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menargetkan 3000 sapi betina mendapat Insiminasi Buatan (IB) dengan target kebuntingan 80 persen dalam tahun 2021.

Kadistan KSB melalui Kepala Bidang Peternakan, Jamilatun mengatakan, upaya meningkatkan populasi sapi di bumi Pariri Lema Bariri terus galakan. Salah satunya melalui program IB atau kawin suntik. Program ini cukup diminati peternak karena selain mempercepat kelahiran juga menghasilkan bibit sapi yang berkualitas.

“Distan menargetkan 3000 Sapi betina mendapat IB dalam tahun ini. Kami yakin target ini akan berhasil karena sejak Januari hingga pertengahan Maret 2021 sudah banyak permintaan dari peternak dan kami baru mampu melakukannya pada 400 ekor sapi betina,” jelasnya. Senin (15/03/2021).

Jamilatun, kabid Peternakan Distan KSB

lebih jauh dijelaskan, dari 3000 sapi betina yang mendapat IB, diharapkan 80 persennya berhasil bunting. Petugas ensiminator sendiri akan terus memantau perkembangannya hingga tingkat keberhasilan melahirkan ditargetkan mencapai 90 persen.

“Petugas akan terus memantau perkembangan sapi betina yang mendapat IB, dan kami berharap para peternak dapat bekerjasama dan memanfaatkan keberadaan petugas di masing-masing kecamatan,” harapnya.

Saat ini, hanya terdapat 10 petugas ensiminator di Sumbawa Barat. Masih sedikit dan menjadi salah satu kendala Distan dalam melayani permintaan IB dari peternak. Idealnya satu kecamatan diisi oleh dua petugas agar pelayanan dan pengawasan dapat maksimal dilakukan.

“Hanya Taliwang dan Poto Tano yang memiliki 2 petugas ensiminator, sementara 6 kecamatan lainnya masing-masing 1 petugas. Seluruh petugas bekerja ekstra karena cukup tingginya permintaan IB dari peternak. Mudah-mudahan akan ada tambahan petugas karena populasi sapi betina siap kawin di Sumbawa Barat mencapai 58.000 ekor,” imbuhnya. (P-01).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *